Peluang Bisnis Rumahan, Modal Sedikit Untung Selangit

supershopping.id

Di zaman yang serba mudah dan mobile seperti sekarang ini, membuat lini usaha atau bisnis rumahan cukup digemari masyarakat seperti misalnya ibu rumah tangga. Bahkan akhir-akhir ini peminatnya pun merambah ke komunitas pekerja kantoran yang menjadikannya sebagai kerja sampingan.

Ketika anda memutuskan membuat sebuah bisnis rumahan, maka harus diperhitungkan sedari awal atas segala resikonya. Mau tidak mau, Anda harus siap jika suatu saat nanti meninggalkan zona nyaman yang dirasakannya selama ini. Karena pada akhirnya, ketika bisnis yang dijalani itu mulai berkembang, maka dibutuhkan sebuah komitmen. Apakah ia terus membiarkan usaha yang telah dirintisnya seperti yang sudah ada, ataukah punya keinginan untuk menjalankan bisnis tersebut secara serius sehingga nantinya berkembang lebih besar lagi?

Jika yang dipilih adalah opsi kedua, maka sudah barang tentu anda harus mengorbankan waktu dan lainnya. Namun, jika memilih untuk menjalankan bisnis seperti sedia kala, tanpa ada waktu dan lain yang dikorbankan, maka silahkan. Karena keputusan ada di tangan anda yang menjalankan bisnis tersebut.

Mengenai jenis usaha rumahan itu sendiri, ternyata banyak ragam usaha rumahan yang menjanjikan. Misalnya jika anda enggan keluar dari tempat kerjanya saat ini, bisa mencoba pekerjaan paruh waktu. Misalnya di era yang serba digital seperti saat ini, maka bisa menjajal pekerjaan seperti penulis konten, editor, ataupun desainer grafis. Bahkan hanya berbekal akun media sosial yang dipunyainya pun anda bisa mencoba peruntungan menjadi seorang buzzer.

Kalaupun anda tidak ada modal namun ingin membuka usaha sendiri maka tak usah risau. Anda bisa loh mencoba berpartner dengan pengusaha lainnya yang sudah lebih dulu sukses. Opsi untuk menjadi reseller atau agen juga bisa jadi solusi. Reseller adalah pihak ketiga atau perpanjangan tangan dari agen ataupun distributor.

Bila memilih menjadi agen atau distributor dari suatu produk barang atau jasa, biasanya hanya ada satu atau beberapa saja di setiap daerah atau kota sehingga keuntungan yang didapat pun akan lebih besar. Sedangkan menjadi reseller maka anda harus bersiap berinteraksi langsung dengan konsumen produk barang atau jasa yang anda jual. Modal utamanya untuk menjadi seorang reseller adalah niat diiringi dengan kedisiplinan serta yang tak kalah penting adalah kejujuran.

Berikut ini untung rugi menjadi agen atau distributor dan menjadi reseller :

Menjadi agen atau distributor :

  • Keuntungan yang diperoleh relatif besar dikarenakan jumlah agen atau distributor barang atau jasa hanya ada di satu daerah.
  • Karena keberadaan agen yang hanya ada satu di satu wilayah tertentu, maka modal yang dikeluarkan relatif cukup besar.
  • Jaminan keuntungan pastinya lebih besar. Terlebih jika produk barang atau jasa tersebut sudah dikenal masyarakat.
  • Tidak perlu memiliki banyak karyawan. Cukup dengan mencari reseller untuk memasarkan produk secara langsung. Bahkan jika produk yang anda jual adalah produk yang sudah dikenal masyarakat, bisa jadi anda tidak perlu mencari reseller, karena reseller yang akan mencari anda. Benar-benar usaha yang menguntungkan, bukan!
  • Karena kebanyakan penjualan melalui reseller, maka anda punya waktu yang lebih fleksibel dan tidak harus terus-menerus memantau jalannya usaha.
  • Tidak ada ikatan perjanjian resmi dengan produsen barang atau jasa yang dijual. Jadi Anda bisa menjadi agen atau distributor dari beragam produk atau jasa lain. Namun harus diingat, Anda tidak diizinkan untuk menjual produk atau jasa sejenis.

Menjadi reseller:

  • Biasanya ada potongan harga atau penawaran khusus dari produsen atau sesuai kesepakatan yang dibuat kedua belah pihak sebelum memulai kerjasama.
  • Cocok dijalankan oleh pengusaha atau pebisnis pemula, yang punya modal terbatas bahkan tanpa modal usaha sama sekali.
  • Kebanyakan produk yang ditawarkan adalah produk barang atau jasa yang sudah dikenal masyarakat. Maka dengan begitu akan lebih mudah untuk memasarkan produk barang atau jasa tersebut.
  • Tidak ada kesepakatan resmi juga target penjualan yang perlu dicapai bagi reseller, sehingga dalam menjalankan bisnis ini cukup fleksibel. Bahkan, Anda bisa menjadi reseller dari beberapa produk atau menjual produk lain sekaligus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*