PEMBANGKIT LISTRIK TERBESAR

www.tobasatu.com

Bila ingin melakukan pemasangan pembangkit listrik, pengecekan pembangkit listrik, perawatan pembangkit listrik, merancang pembangkit listrik, meodifikasi pembangkit listrik, atau bahkan perbaikan pembangkit listrik gunakanlah jasa konsultan. Gunakanlah jasa konsultan pembangkit listrik terpercaya yang paham dan berpengalaman mengenai pembangkit listrik di sewatama.

Saat ini Indonesia membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar sehingga memiliki berbagai macam pembangkit listrik yang tersebar di tanah air, diantaranya :

1. PLTU Paiton

Pembangkit listrik di Indonesia yang sempat bikin heboh karena mendapatkan penghargaan Proper Emas ini berada di Desa Binor, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. PLTU Paiton berdiri pada tahun 1993 dan mulai beroperasi secara lancar dan smooth pada tahun 1994. Total kapasitas energinya mencapai 4,600 megawatt (MG), membuat Paiton menjadi salah satu pembangkit listrik terbesar di Indonesia, bahkan ASEAN.

2. PLTGU Karawang

PLTGU Karawang merupakan slah satu unit produsen listrik terbaik di tanah air. Pembangunan proyek infrastrukturnya dimulai pada tahun 2018 dan bertempat di Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Untuk membangun PLTGU Karawang, dana investasi yang dikeluarkan adalah sebesar Rp26 triliun. PLTGU Karawang akan menjadi salah satu pembangkit listrik yang dapat menopang sistem kelistrikan Jawa-Bali. Untuk sekarang, kapasitas energi yang dihasilkan berjumlah 1.760 MW, namun akan meningkat seiring inovasi dan pembangunan di masa depan.

www.inilahkoran.com

3. PLTN Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional)

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN adalah sebuah unit produsen listrik yang memanfaatkan reaktor nuklir sebagai sumber panas. Sumber panas tersebutlah yang nantinya dapat menjalankan generator sehingga dapat menghasilkan energi listrik untuk dialirkan ke daerah tujuannya. PLTN Batan terletak di Bandung, Jawa Barat, dan sudah beroperasi selama puluhan tahun.

4. PLTU Suralaya

Diolah oleh PT Indonesia Power, yang merupakan salah satu anak dari perusahaan PLN, PLTU Suralaya memiliki kapasitas energi sebesar 3,400 MW. Dengan jumlah sebesar itu, pembangkit listrik di Indonesia ini mengalirkan energi listrik yang dihasilkannya untuk pulau Jawa dan Bali. Bertempat di Banten, Jawa Barat, PLTU Suralaya memiliki 7 unit mesin pembangkit listrik dengan jumlah daya yang berbeda-beda. Tiga dari tujuh unit mesin tersebut menghasilkan energi sebesar 600 MW, sementara sisanya menghasilkan listrik sebesar 400 MW.

5. PLTU Cirebon

PLTU Cirebon bertempat di Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat di atas tanah seluas kira-kira 10 hektare. Pada awal mula di bangun, PLTU Cirebon Memiliki kapasitas produksi listrik sebesar 660 MW. Kini, unit kedua yang direncanakan rampung pada tahun 2022 nanti sudah mulai dibangun, dengan kapasitas yang lebih besar yakni 1000 MW.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*