Fungsi dan Macam-Macam Prosesor Yang Dipakai Pada PC, Laptop dan Perangkat Mobile

Fungsi dan Macam-Macam Prosesor Yang Dipakai Pada PC, Laptop dan Perangkat Mobile

Prosesor atau disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit) adalah komponen utama dan elemen paling penting dalam sebuah rangkaian sistem komputer. Bisa dibilang ia adalah otak yang mengontrol keseluruhan kinerja suatu sistem komputer. Ia juga yang mengontrol logika di hampir semua perangkat digital. Hampir semua perangkat-perangkat elektronik masa kini sudah terintegrasi CPU.

Bagian-Bagian CPU

Ada dua komponen di dalam sebuah CPU :

  • Arithmetic Logic Unit (ALU) yang bertugas melakukan operasi logika dan aritmatika.
  • Control Unit (CU) yang bertugas menerima perintah dari memori dan mengolah data tersebut lalu menjalankannya, dan meneruskan ke ALU bila diperlukan.

CPU itu sendiri merupakan komponen internal komputer. CPU modern kecil dan persegi yang berisi beberapa konektor logam atau pin pada bagian bawah. CPU dimasukkan langsung ke CPU socket, sisi pin bawah, pada motherboard.

Sebelum membahas lebih jauh tentang CPU mari kenali istilah-istilah umum yang berkaitan dengan CPU

Clock Speed

Juga disebut clock rate adalah satuan kecepatan di mana sebuah mikroprosesor mengeksekusi perintah. Semakin tinggi clock speed pada suatu mikroprosesor, maka semakin banyak perintah yang dapat dijalankan oleh CPU. Kecepatan clock disajikan dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz).

CPU Socket

Prosesor socket (juga disebut CPU socket) adalah konektor pada motherboard yang rumah CPU dan membentuk antarmuka listrik dan kontak dengan CPU. Soket prosesor menggunakan array pin grid (PGA) di mana pin pada bagian bawah prosesor yang terhubung ke lubang di soket prosesor.

Register

Adalah area penyimpanan berkecepatan tinggi dalam CPU. Semua data harus diwakili dalam register sebelum dapat diproses. Sebagai contoh, jika dua nomor yang akan dikalikan, kedua nomor harus dalam register, dan hasilnya juga ditempatkan di register. (Daftar dapat berisi alamat dari lokasi memori dimana data disimpan bukan data yang sebenarnya itu sendiri.)

Jumlah register yang CPU miliki dan ukuran masing-masing (jumlah bit) membantu menentukan kekuatan dan kecepatan CPU. Misalnya CPU 32-bit adalah satu di mana masing-masing register 32 bit. Oleh karena itu, setiap instruksi CPU dapat memanipulasi data 32 bit.

Biasanya, pergerakan data masuk dan keluar dari register benar-benar transparan kepada pengguna, dan bahkan untuk programmer. Program bahasa assembly hanya dapat memanipulasi register. Dalam bahasa tingkat tinggi, compiler bertanggung jawab untuk menerjemahkan operasi tingkat tinggi ke dalam operasi tingkat rendah yang mengakses register.

Motherboard

Motherboard atau biasa disebut mobo adalah papan sirkuit utama dari komputer mikro. Motherboard ini mengandung konektor untuk memasang papan tambahan. Biasanya, motherboard berisi CPU, BIOS, memori, interface mass storage, port serial dan paralel, slot ekspansi, dan semua port untuk menghubungkan layar, keyboard, mouse dan sebagainya. Secara kolektif, semua chip ini yang berada pada motherboard yang dikenal sebagai chipset motherboard.

Pada kebanyakan PC, dimungkinkan untuk menambahkan perangkat memori tambahan ataupun menggantinya langsung di motherboard. Bisa juga dengan meng-upgrade CPU agar kinerja ke PC menjadi lebih cepat. Untuk menambahkan fitur inti tambahan, seseorang mungkin perlu mengganti motherboard seluruhnya.

Originally posted 2016-03-02 06:14:04.

Share This
Mandala

Where There is a Will, There is a Way

Leave a Comment