Perbedaan MPV dan SUV

1. Dilihat Dari Tujuan Penggunaan Mobil

hiace

SUV atau Sport Utiliy Vehicle adalah mobil yang sangat cocok untuk para pecinta adrenalin, hal ini dikarenakan memang inilah tujuan produsen dalam rangka memenuhi kepuasan para konsumen untuk melalui jalan yang menantnag menggunakan mobil. MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah mobil yang di produksi dengan tujuan untuk di gunakan lebih humble atau mobil keluarga. Dari penjelasan tersebut jelas memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada kegunaanya. Selain itu mobil MPV ini sangat nyaman di gunakan karena terkenal dengan luas bagasinya dan apalagi pada bagian kursi yang mudah di lipat akan menambahkan aksen lebar pada mobil. Inilah alasan mobil tersebut di beri nama dengan sebutan multi purpose.

2. Kapasitas Penumpang

putih

Pada poin pertama menjelaskan bahwa mobil MPV ini lebih di peruntukan untuk keluarga jadi bisa melewati medan area yang mudah saja. Bukan hanya itu, karena mobil ini termasuk mobil keluarga maka jelas akan memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup banyak sehingga pada mobil MPV dapat memuat 8 orang di dalamnya. Sedangkan pada mobil SUV ini lebih kecil kapasitas muatannya di bandingkan dengan MPV. Namun perlu anda ketahui sebenarnya mobil SUV ini dapat di jadikan mobil keluarga tapi berkapasitas kecil.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Mobil SUV di peruntukan untuk adrenalin yang tinggi sehingga memiliki mesin – mesin dengan teknologi cukup besar. Bukan hanya itu saja, mesin pada SUV ini terbilang memiliki kapasitas yang cukup besar untuk memberikan pengaruh pada laju kendaraan yang sedang di kendarai di jalan yang cukup sulit. Sehingga hal inilah yang menyebabkan mobil ini memerlukan konsumsi bahan bakar yang cukup banyak. Hal ini jauh berbeda dengan mobil jenis MPV karena pada mobil MPV terkenal lebih irit karena mobil tersbut hanya di peruntukan untuk medan jalan yang lebih mudah di tempuh sehingga mesin yang ada pada mobil MPV lebih ringan. Mobil MPV lebih sedikit mengkonsumi bahan bakar meskipun tanpa alat penghemat bahan bakar.

4. Sistem Penggerak

maroon

Sistem penggerak pada mobil SUV dan MPV jelas berbeda melihat kegunaannyapunyang cukup jauh berbeda. Pada mobil SUV menggunakan teknik penggerak four wheel drive yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga laju yang lebih tinggi. Pada penggerak roda ini menggunakan 4 roda yang akan di lanjutkan pada roda – roda kendaraan untuk sebagai penggerak mobil tersebut. namun dalam upaya pnghematan bahan bakar mobil SUV beralih pada penggerak 2 roda, hal ini tak lepas dari keluhan para penggunanya. Sedangkan pada mobil jenis MPV lebih humble karena banyak dari mobil berjenis MPV ini lebih menyukai sistem penggerak menggunakan 2 roda dapat menghemat Bahan Bakar yang di pakai.

5. Kapasitas Mesin

Mesin yang di gunakan pada mobil SUV dan MPV juga memiiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mobil SUV menggunakan kapasitas mesin yang terpasang lebih tinggi sehingga menghasilkan tenaga cukup ekstra karena dari fungsinya sendiri untuk medan area offroad. Sedangkan pada mobil MPV kapasitas mesinnya lebih rendah dari pada SUV. Jika pada SUV kapasitas mesin sebesar 1500 cc sedangkan pada MPV masih dibawah 1500 cc.

ijo

6. Bobot Mobil

Mobil jenis SUV lebih memiliki bobot yang cukup berat di bandingkan dengan Mobil MPV hal ini karena keduanya memiliki tujuang yang bertolak belakang berbeda. Tak main – main perbedaan dari keduanya hampir setengah ton lebih. Mobil SUV memiliki alasan penting mengenai bobotnya yang besar karena memang mobil yang di gunakan untuk off road biasanya memiliki body yang lebih berat di bandingkan mobil yang dipakai untuk jalanan yang mudah. Mobil MPV yang memiiliki bobot rendah biasanya di analisir oleh karena material yang terpasang pada mobil tersebut cukup ringan.

7. Bodi Mobil

Body mobil antara mobil SUV dan mobil memakai struktur body on frame, hal ini di upayakan agar mobil bisa meleati medan area yang cukup sulit sehingga lebih stabil. Body on fram eini merupakan body pada mobil yang di letakan diatas sasis sehingga pada saat di kendarai pada medan off road lebih mudah. Pada MPV mobil memiliki body yang lebih tinggi dan luas, inilah yang menyebabkan kabin pada mobil MPV cuku luas. Hal ini di dasari dengan fungsinya sendiri untuk mobil keluarga yang bisa melewati jalan yang lebih mudah.

lexus

8. Pilihan Ban Mobil

Pada penjelasan yang poin – poin awal bahwa kegunaan dari mobil SUV ini untuk membuat pengendara mampu melalui medan area off road sehingga bisa di pastikan ukuran ban mobil lebih besar dari mobil MPV. Hal ini tidak lepas mendapat pengaruh dari load index, maka jika load index tidak cocok dengan bobot akan membuat ban meledak. Pemilihan ban merupakan salah satu terjadinya kekuatan load index. Pemilihan ban tentu tergantung dari jenis mobilnya maka jika anda kan mengganti ban alangkah lebih baik jika di sesuaikan dengan tipe mobilnya. Pada mobil jenis MPV memiliki ban mobil yang kembangannya lebih rapat atau padat. Sedangkan pada mobil SUV menggunakan ban mobil yang tekstur luarnya lebih kasar.

9. Ground Clearance

Perbedaan yang menonjol lainnya antara kedua jenis mobil tersebut adalah pada Ground clearancenya. Ground clearance merupakan jarak antara body mobil dengan tanah. Mobil SUV ini memiliki kegunaan bukan hanya pada mobil off road tetapi juga on road maka memiliki Ground clearance yang tinggi di bandingkan dengan mobil jenis MPV. Sedangkan pada mobil mpv tentunya akan memiliki Jarak ban dan tanah yang cukup rendah dikarenakan agar memudahkan perjalanan anda dan keluarga lebih mudah.

10. Harga Mobil

Harga mobil SUV lebih mahal di bandingkan dengan MPV hal ini di karenakan mobil SUV memiliki komponen yang mahal dan lebih berkualitas serta memiliki tenaga yang cukup handal maka tak di pungkiri akan memiliki harga selangit. Berbeda pada mobil MPV karena mobil MPV sendiri di jual dengan harga standar namun tak semahal SUV.
Baik mobil MPV atau SUV memiliki keunggulan yang berbeda – beda tergantung dengan kebutuhan anda. Jika anda munyukai medan offroad dan adrenalin anda tertantang maka tak ada salahnya jika anda menggunakan mobil jenis SUV. Namun andajuga harus mengerti beberapa kendalanya yakni pada budget yang cukup mahal bahkan sangat jauh harganya di banding mobil yang jenis MPV. Hal ini tak lepas dari kenyataan yang ada bahwa mobil SUV memiliki tenaga yang cukup unggul di bandingkan dengan mobil jenis MPV. Bisa di katakan mobil ini sangat memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi karena memang di peruntukan untuk jalanan bebatuan yang curam. Berbeda dengan mobil MPV yang lebih humble dan di gunakan untuk keluarga.

Originally posted 2019-05-23 21:13:30.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*