Proses Dewatering Dalam Pembuatan Konstruksi Apartemen

re-nj.com

Dalam pembangunan sebuah gedung bertingkat seperti apartemen, banyak hal yang harus diperhitungkan. Salah satunya adalah kondisi air dalam permukaan tanah. Tidak dipungkiri banyak pengembang yang memanfaatkan jasa dewatering tambang dan konstruksi untuk memudahkan proses pembangunan apartemen. Tujuannya tentu agar struktur bangunan tetap kokoh dan tidak terjadi perembesan, terutama pada bagian basement. Jika tidak dilakukan proses dewatering, debit air yang melimpah bisa saja menggenangi area tersebut. Dampak buruknya tentu akan berpengaruh pada kekuatan bangunan secara keseluruhan. Bahkan bisa juga menambah beban anggaran.

Menurut sumber yang didapat dari https://sewatama.com/id/, kondisi air tanah harus diperhitungkan dalam pembuatan basement apartemen. Tekanan air yang terlalu kuat dan jumlahnya yang berlebihan dapat membuat area tersebut mudah tergenang. Padahal basement memiliki peran yang sangat vital. Bukan hanya untuk area parkir kendaraan saja. Banyak yang memanfaatkannya untuk penyimpanan barang, pusat kendali listrik, dan lain sebagainya. Karena itulah area tersebut harus dipastikan tetap kering dan tak ada rembesan sama sekali.

info-diklat.com

Jasa dewatering konstruksi paling sering menggunakan metode open pumping dan compressed air. Metode yang dipilih harus sesuai dengan kondisi tanah didirikannya apartemen tersebut. Jadi harus dilakukan perencanaan dan pengujian terlebih dulu untuk mengetahui metode mana yang sesuai. tak hanya itu, tekanan muka air tanah juga harus dihitung menggunakan Inclinometer ataupun Piezometer. Apabila metode yang dipakai tidak cocok, area basement akan mengalami rembesan bahkan banjir.

Open pumping menjadi salah satu metode dewatering yang dianggap cukup efisien. Dengan menggunakan pompa, air tanah yang disedot langsung bisa dialirkan ke selokan. Namun cara ini bisa menyebabkan tanah disekitar bangunan apartemen terdegradasi. Akibatnya terjadi penurunan permukaan tanah dan kerusakan lingkungan. Selain itu harus dilakukan pengawasan secara terus menerus untuk memastikan pompa tetap bekerja.

Memilih jasa dewatering konstruksi juga harus mempertimbangkan banyak hal. Selain kinerjanya yang sudah terbukti, pastikan juga peyedia jasa tersebut memberikan layanan lengkap. Misalnya saja seperti pemasangan Inclino, Load Test, PDA Test, dan lain sebagainya. Penyedia jasa Dewatering yang kompeten akan memastikan struktur bangunan apartemen tetap kokoh dan terbebas dari rembesan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*