Apakah Remote Dekstop itu, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apakah Remote Dekstop itu, dan Bagaimana Cara Kerjanya?
pengertian remote desktop
img source: itunes.apple.com

Remote desktop adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol desktop dan keseluruhan konten dari satu komputer dari mesin kedua. Aplikasi ini memberikan “master” akses komputer untuk seluruh konten pada komputer remote, dan sering memberikan fitur seperti transfer file dan teks chat.

Salah satu versi dari aplikasi umumnya tersedia pada komputer Windows yang baru, namun juga telah tersedia untuk sistem operasi (OS) versi lain yakni untuk Mac® dan Linux®. Bahkan berkembang menjadi antar antara sistem, seperti antara Linux® ke Windows.

Bagaimana Cara Kerja Remote Desktop

Aplikasi ini mengharuskan klien, atau “master,” dan remote, juga disebut host, komputer terhubung ke jaringan yang sama. Jaringan remote desktop dapat kabel atau nirkabel. Jaringan kabel dapat menggunakan koneksi langsung atau koneksi melalui router, sementara jaringan nirkabel dapat dibentuk dengan menggunakan router atau Internet. Hal ini sangat umum untuk sebuah aplikasi yang akan digunakan untuk mengendalikan komputer host yang jauh dari klien, terhubung hanya melalui internet.

Protokol keamanan canggih yang praktek standar dalam perangkat lunak remote desktop, terutama ketika jaringan adalah satu nirkabel dan / atau Internet. Sifat aplikasi ini, memungkinkan komputer lain untuk mengontrol mesin host, membuat keamanan sangat penting.

Siapapun menjalankan perangkat lunak, bahkan jika sambungan langsung kabel, harus memastikan bahwa sambungan aman dan dilindungi password untuk mengurangi kemungkinan bahwa pengguna yang tidak sah bisa mengakses komputer remote.Fitur keamanan tertentu dapat dibangun ke dalam protokol perangkat lunak sehingga komputer klien tidak dapat menghapus atau mengubah file tanpa izin pengguna remote.

Setelah administrator telah memasukkan sandi yang benar, software ini memungkinkan dia untuk mengakses komputer remote. Orang yang menggunakan komputer klien dapat menggunakan perangkat lunak apapun pada mesin remote, dan mengakses file apapun.

Pemeliharaan perangkat lunak adalah salah satu penggunaan yang paling umum dari program jenis ini, memungkinkan administrator untuk menutup aplikasi perangkat lunak rusak atau menginstal upgrade software. Hal ini menghemat waktu yang dibutuhkan untuk secara fisik memasukkan CD atau perangkat penyimpanan lain ke komputer host atau untuk melakukan manual upgrade software-download.

Dalam kebanyakan kasus, bagaimanapun komputer host masih dapat mengakses semua fungsi inti dimungkinkan untuk mengunci atau menonaktifkan perangkat periferal pada komputer host. Sehingga pengguna tidak dapat mengganggu tindakan klien.

Dengan beberapa perangkat lunak, banyak fungsi-fungsi ini, termasuk clipboard utama, juga bisa dibagi antara komputer remote dan klien. Perangkat lunak ini bahkan memungkinkan administrator klien untuk menjalankan sebuah aplikasi audio atau video pada komputer remote dan memiliki pemandangan dan / atau suara diarahkan ke mesin klien.

Sistem Operasi Windows®

Sebagian besar komputer modern menjalankan Windows OS termasuk Remote Desktop Protocol, yang memungkinkan untuk koneksi remote. Alat remote biasanya ditemukan dalam pengaturan sifat komputer agar komputer untuk diakses dari jarak jauh, pengaturan ini harus diaktifkan.

Tidak semua versi Windows dapat diakses dengan menggunakan alat ini, namun; dalam banyak kasus, remote atau host komputer harus menjalankan versi profesional atau bisnis dari sistem operasi, meskipun biasanya mungkin untuk menghubungkan dari versi OS.

Selain itu, hal itu mungkin tidak mungkin untuk menghubungkan seluruh sistem operasi. Komputer yang menjalankan Windows Vista Home Basic ®, misalnya, tidak dapat terhubung ke mesin Windows XP ®.

Selain alat-alat standar yang datang dengan komputer Windows, ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang akan memungkinkan seseorang untuk menghubungkan komputer dari jarak jauh. Aplikasi ini lebih kuat dari versi standar, dan biasanya dirancang untuk menjadi lebih user friendly.

Selain itu, mereka menawarkan fitur seperti transfer file antara mesin dan teks chat, yang memungkinkan seseorang di komputer pengendali untuk mengirim pesan ke seseorang di mesin remote. Banyak program perangkat lunak ini tersedia dalam versi gratis, meskipun fitur yang lebih canggih biasanya eksklusif untuk pelanggan yang membayar.

Sistem Operasi Apple Machitosh®

Apple menawarkan software yang dapat didownload untuk memfasilitasi koneksi remote desktop, meskipun tidak standar dengan kebanyakan mesin. Aplikasi ini tidak mengizinkan pengelolaan beberapa komputer, bagaimanapun, dan mencakup berbagai fitur, termasuk upgrade terpencil dan restart.

Ada juga solusi pihak ketiga yang tersedia, dan beberapa perangkat lunak dirancang untuk kedua Windows® dan Mac®. iPad® dan iPhone® aplikasi yang tersedia yang memungkinkan akses remote ke Mac® atau komputer PC juga.

Linux® dan Sistem Operasi Lain

Beberapa alat open source yang tersedia yang memungkinkan koneksi remote desktop antara komputer yang menjalankan Linux ® atau antara Linux ® dan Windows. Banyak perangkat lunak yang sama ini juga memungkinkan komputer menjalankan berbagai sistem operasi untuk menyambung ke atau dari mesin UNIX. Ada juga aplikasi untuk perangkat mobile selain iPad® – versi untuk perangkat Android ™ dan BlackBerry® juga tersedia.

Seperti halnya aplikasi remote desktop, tidak setiap sistem operasi dapat berupa klien atau host dalam segala situasi, dan banyak aplikasi hanya bekerja dengan sistem operasi tertentu. Sebelum menggunakan aplikasi, pengguna harus memastikan bahwa semua mesin yang akan diakses kompatibel dengan perangkat lunak.

Originally posted 2016-12-28 02:06:40.

Share This
Mandala

Where There is a Will, There is a Way

Leave a Comment