Tips Merawat Buah Hati Yang Pilek Agar Cepat Sembuh

sciencebasedmedicine.org

Setiap anak kecil biasanya langganan terserang penyakit. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh si kecil belum sempurna. Terlebih lagi penyakit pilek sangat rentan menyerang tidak peduli musim hujan maupun panas. Anda tentu khawatir dan langsung memberikan obat pilek untuk anak yang tepat. Disamping itu, wajib menerapkan cara ampuh merawat si kecil yang sedang pilek berikut ini.

Tips Ampuh Merawat Si Kecil Yang Sedang Pilek

1.Pastikan Flu atau Pilek

Menurut sebagian besar masyarakat pilek dan flu merupakan penyakit yang sama. Asumsi masyarakat tersebut sebenarnya salah. Memang baik flu dan batuk sama-sama menyerang saluran pernafasan. Perbedaan dapat dilihat dari gejala keduanya.

Gejala pilek dinilai lebih ringan karena penderita hanya merasa sakit pada tenggorokan, hidung berair dan terumbat, demam, dan batuk. Sedangkan flu lebih komplit karena diiringi pegal linu, diare, muntah, mual, dan sakit kepala.

www.chop.edu

2.Selalu Cek Suhu Tubuhnya

Anak-anak yang terkena pilek biasanya akan diikuti demam. Terjadinya demam disebabkan oleh reaksi tubuh karena virus yang menyerang. Apabila si kecil lebih dari 3 hari demam dan suhu tubuh 38 derajat celcius maka segeralah berobat ke dokter. Sebelum itu terjadi, sejak awal timbul pilek, Anda wajib melakukan pengecekan suhu tubuh secara runtin.

3.Berikan Obat Sesuai Gejala

Pada umumnya ibu-ibu yang tahu anaknya terkena flu maupun pilek langsung memberikan paracetamol. Sebab obat-obatan tersebut mudah diperoleh di apotek terdekat. Tetapi, ada baiknya memilih obat khusus untuk pilek anak. Obat semprot hidung di goapotik adalah salah satu yang paling manjur.

4.Mencukupi Asupan Cairan Si Kecil

Pilek cenderung membuat hidung anak Anda berlendir kental. Alhasil menyumbat saluran pernafasan dan sangat mengganggu. Si kecil pun menjadi rewel hingga susah tidur. Anda dapat mengatasinya dengan memberikan air putih hangat yang mampu mencairkan lendir kental tersebut.

Selain itu, minuman alami lainnya yang dapat diberikan adalah teh hangat dengan campuran madu atau lemon. Anda juga dapat menyuguhkan anak minuman elektrolit guna pengganti cairan tubuh yang hilang karena tidak mau makan.

Originally posted 2019-12-18 14:06:43.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*