Trik Cermat Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Boros

via businessworld.in

Pada saat mengambil gaji di kantor, siapapun pasti merasakan hawa bahagia  hingga level maksimal. Segala hasrat ingin ‘beli ini-beli’ itu akhirnya kesampaian juga. Minggu pertama, masih aman. Minggu kedua, masih ada puluhan lembaran merah yang tersisa di dompet. Minggu ketiga, tinggal beberapa lembaran merah, sisanya receh. Menjelang minggu keempat, tinggal satu lembaran merah yang tersisa, dan karena butuh uang akhirnya mesti meminjam uang dari teman atau kasbon di kantor.

Jangan sampai kamu punya cerita yang sama, akhir bulan selalu meminjam uang ke teman atau kasbon ke kantor.  Jika kamu punya problem soal mengatur gaji, sebaiknya cek beberapa trik cermat mengatur gaji bulanan agar tidak boros berikut ini.

Tetapkan Budget untuk Keperluan Rumah

Terkadang, sangat sulit mengatur gaji bulanan karena keperluan rumah yang sangat banyak. Apalagi jika kamu masih ngontrak, tentunya kamu mesti menyisihkan gaji untuk bayar kontrakan. Jadi setelah gajian, pastikan kamu menyisihkan terlebih dahulu budget untuk keperluan rumah. Pastikan kamu menyisakan sisa gaji 25% untuk keperluan pribadi kamu. Jika kamu sudah berkeluarga, maka alangkah lebih baik jika kamu menetapkan anggaran mingguan sehingga kondisi finansial tetap berada di jalan yang lurus.

Shopping dengan Bijak

Ketika shopping, jangan pernah mengeluarkan uang hanya karena kamu suka pada suatu produk. Jika kamu mengeluarkan uang karena alasan ‘suka’, maka gaji kamu pasti habis dalam waktu singkat. Jadi ketika akan beli produk tertentu, apakah produk tersebut benar-benar kamu butuhkan? Jika kamu benar-benar membutuhkannya, maka kamu mesti membelinya, tentunya menyesuaikan dengan kondisi finansialmu saat itu. Misalnya kamu sangat butuh laptop untuk urusan pekerjaan, maka jangan cari laptop yang kamu suka, carilah laptop yang kamu butuhkan. Artinya, kamu mesti membeli produk sesuai dengan kemampuan finansialmu.

via www.havaplanfinancial.com

Hindari Gengsi

Salah satu penyebab mengapa orang-orang Indonesia susah menabung yaitu karena terpengaruh dengan tren. Misalnya sedang tren sepatu merek tertentu, maka orang-orang dengan rela mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli sepatu tersebut. Kebanyakan orang lebih memilih kekurangan, daripada ketinggalan tren. Jika kamu berpikir lebih rasional, maka tak ada gunanya membeli produk-produk yang banyak orang beli hanya karena alasan gengsi.  Sebaiknya beli produk yang benar-benar kamu butuhkan, bukan karena orang lain memilikinya. Banyak kok produk yang harganya murah, namun kualitasnya sama dengan yang harganya mahal. Jadi kamu harus lebih wise ya.

Advertisement

Gunakan Diskon

Bagi kamu yang gemar belanja online, sebaiknya manfaatkan dengan sebaik-baiknya diskon yang diberikan marketplace tertentu. Salah satunya yaitu Lazada, kamu bisa mendapatkan diskon Lazada hingga 90%. Jadi bayangkan saja, kamu bisa mendapatkan produk branded dengan harga yang sangat miring. Dengan memanfaatkan diskon Lazada 2017 ini, tentu kamu bisa berhemat lebih banyak. Kamu ‘pun bisa menemukan diskon Lazada di beberapa situs yang berafiliasi dengan Lazada, jadi kamu harus lebih update ya.

Beli Barang Bekas

Hari ini banyak sekali toko online atau marketplace yang menjual barang-barang second-hand dengan kualitas yang masih bagus. Jika kamu punya hobi tertentu, misalnya mengoleksi kaset pita, kamu bisa membelinya lewat toko online atau marketplace yang menyediakan barang-barang second-hand. Kamu ‘pun bisa membeli berbagai keperluan rumah seperti kulkas, televisi, hingga sepeda motor bekas. Tak perlu gengsi, yang penting gaji bulananmu aman.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

via aramis.gr

Kartu kredit memang bisa menjadi solusi saat kondisi kantong sedang ‘kering’. Namun justru dengan menggunakan kartu kredit, kondisi finansialmu bisa saja memburuk karena kamu selalu menggunakannya untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan.

Kurangi Makan di Restoran Mewah

Makan di restoran mewah memang sah-sah saja, minimal sekali dua kali dalam sebulan. Namun jika setiap hari makan di restoran, maka akhir bulan pasti kamu akan kasbon di kantor.

Jika kamu mampu mengatur gaji bulanan, tak menutup kemungkinan kamu bisa membeli barang atau sesuatu hal yang kamu mimpi-mimpikan, misalnya membeli mobil atau jalan-jalan ke Eropa.

Originally posted 2018-01-26 11:06:54.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*