Tumbuh Kembang Anak

Milestone perkembangan anak dapat harus benar-benar anda optimalkan. Karena saat balita sering dikatakan sebagai periode emas. Untuk pertumbuhan anak dapat anda pantau dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta berbagai ukuran lainnya yang sesuai dengan standarisasi. Sedangkan untuk perkembangan merupakan pertambahan kemampuan fungsi tubuh.

Salah satu faktor yang memengaruhi yaitu keadaan nutrisi, apabila anak anda alergi susu sapi, maka anda dapat memberinya jenis susu lain yang dapat anda peroleh dari Nutriclub.

Tahap Stimulasi Sesuai Usia Anak

image : www.nutriclub.co.id

1. Usia 0 hingga 4 Bulan

Pada usia ini sering-seringlah ajak anak anda tersenyum, bicara, serta mendengarkan musik.

2. Usia 4 hingga 6 Tahun

Milestone perkembangan anak pada usia ini dapat anda lakukan dengan menggerakkan benda ke kanan serta ke kiri di depan mata si kecil.

3. Usia 6 hingga 12 Bulan

Memasuki usia ini anda sudah dapat mengajari si kecil untuk duduk, memegang serta makan biskuit, bermain ci-luk-ba, latih berbicara, dan lain sebagainya.

4. Usia 1 hingga 2 Tahun

Ajari anak anda berjalan pada tangga, ajak membereskan mainan, membersihkan meja serta menyapu.

5. Usia 2 hingga 3 Tahun

Ajari si kecil untuk memakai pakaian sendiri, ajari makan pada piringnya sendiri, dan sebagainya.

6. Usia 3 hingga 5 Tahun

Pada usia ini anda dapat meminta anak anda untuk menceritakan apa saja yang dilakukan.

image : www.guiadelnino.com

Pentingnya Nutrisi Perkembangan si Kecil

Perkembangan pada anak dapat dibagi menjadi beberapa area yang meliputi motorik kasar, motorik halus, sensorik, bahasa, serta sosial yang mana pertumbuhannya dapat lebih di optimalkan. Anda dapat memberinya anak susu formula. Namun apabila anak anda memperlihatkan ciri anak alergi susu sapi, maka tidak boleh memberinya sembarang susu formula.

Pemberian gizi yang baik memang menjadi pendukung pertumbuhan si kecil, selain karena pemberian  nutrisi serta kebiasaan makan yang baik, maka penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta obesitas dapat dicegah.

Apabila si kecil kekurangan nutrisi maka dapat menyebabkan gangguan perkembangan khususnya intelektual. Untuk itu pemberian nutrisi yang sesuai seperti susu perkembangan akan sangat membantu tumbuh kembang si kecil. Namun perlu anda ingat, apabila terdapat ciri anak alergi susu sapi maka segera hentikan, karena dapat memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*